Inspektorat

KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Berita Utama

Agenda Kegiatan

Tim Manajemen Perubahan
  • Koordinator : Abdullah Pannusu, SH, M.Si
  • Sekretaris/Anggota : Drs. H. Abddul Syukur, MM
  • Anggota : H. Diwansyah, SE, MM
  • Anggota : Fansuri Azwar, SE,MM
  • Anggota : Rita Asmida, S.Sos
  • Anggota : Dinem, S.Sos. M.Si
  • Anggota : Yames John Nehemia, SE
  • Anggota : Adi Sukamto
Quick Win

Quick Wins : SAPA INSPEKTORAT KUKAR (Saarana Aktual Pelayanan Inspektorat menuju peningkatan kemampuan tata kelola, Manajemen resiko dan Akuntabilitas Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara)

SKPD : Inspektorat Kabupaten Kutai Kartanegara

Screen Shot 2016-07-25 at 2.47.48 PM

Tugas Tim MP
  • Menyusun agenda kerja dan tahapan program/kegiatan manajemen perubahan sebagaimana  Road    Map    yang   telah   ditetapkan    Bupati   Kutai Kartanegara dengan berkoordinasi kepada Kepala SKPD dan Tim Reformasi Birokrasi Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • Melaksanakan program dan kegiatan manajemen perubahan pada SKPD masing-masing dengan  berkoordinasi kepada Kepala SKPD dan Tim Reformasi Birokrasi Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Sebagai agen perubahan pada SKPD
  • melaporkan hasil kegiatan kepada Kepala SKPD dan Tim Reformasi Birokrasi Kutai Kartanegara
Peran Agen Perubahan

Peran dan tugas Agen Perubahan :

  1. Sebagai katalis, yang bertugas memberikan keyakinan kepada seluruh pegawai di   lingkungan   unit   kerjanya   masing-masing   tentang pentingnya perubahan unit kerja menuju ke arah unit kerja yang lebih baik;
  2. Sebagai  penggerak   perubahan,   yang   bertugas   mendorong   dan menggerakkan pegawai untuk ikut berpartisipasi dalam perubahan menuju  ke arah unit kerja yang lebih baik;
  3. Sebagai pemberi solusi, yang bertugas memberikan alternatif solusi kepada para pegawai atau pimpinan di lingkungan unit kerja yang menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan unit kerja menuju unit kerja yang lebih baik.
  4. Sebagai mediator,  yang  bertugas  membantu  memperlancar  proses perubahan, terutama menyelesaikan masalah yang muncul dalam pelaksanaan reformasi  birokrasi  dan  membina  hubungan  antara pihak-pihak yang ada di dalam dan pihak di luar unit kerja terkait dengan proses perubahan.
  5. Sebagai penghubung, yang bertugas menghubungkan komunikasi dua arah antara para pegawai di lingkungan unit kerjanya dengan para pengambil keputusan;
Rencana Aksi Agen Perubahan SKPD

tugas

Keterangan:

(1) diisi nomor urut.

(2) diisi dengan  nilai-nilai  organisasi yang telah ditetapkan pimpinan organisasi dan akan diimplementasikan dalam perilaku Agen Perubahan.

(3) diisi  dengan  kondisi  hasil  perubahan  yang  diwujudkan/dicapai oleh agen perubahan di organisasi dalam periode tertentu.

(4) diisi dengan  ukuran  keberhasilan  atas  hasil  yang  akan dicapai pada kolom (3).

(5) diisi  dengan  angka  target  kinerja  yang  akan  dicapai  sesuai indikator kinerja pada kolom (4).

(6) diisi  dengan  kegiatan-kegiatan  yang  akan  dilakukan  oleh  agen perubahan  dalam  rangka  mewujudkan  perubahan  yang  ingin dicapai.

(7) diisi dengan waktu pelaksanaan kegiatan.

(8) diisi  dengan  hal-hal  lain  yang  sifatnya memberikan  keterangan penjelasan.

Monev Rencana Aksi

monev

Penjelasan:

(1) diisi nomor urut

(2) diisi dengan  nilai-nilai organisasi yang telah ditetapkan pimpinan organisasi dan akan diimplementasikan dalam perilaku Agen Perubahan.

(3) diisi dengan kondisi hasil perubahan yang diwujudkan/dicapai oleh agen perubahan di organisasi dalam periode tertentu.

(4)diisi dengan  ukuran  keberhasilan  atas  hasil  yang  akan dicapai pada kolom (3).

(5)diisi  dengan  angka  target  kinerja  yang  akan  dicapai  sesuai indikator kinerja pada kolom (4).

(6) diisi dengan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh agen perubahan dalam rangka mewujudkan perubahan yang ingin dicapai.

(7) diisi dengan realisasi atas target indikator kinerja  sasaran yang telah ditetapkan rencana tindak Agen perubahan.

(8) diisi dengan realisasi atas rencana kegiatan yang telah ditetapkan rencana tindak Agen Perubahan.

(9) diisi dengan hambatan/kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan         dan    pencapaian    target    kinerja    serta    usulan pemecahannya.