110532122758911a7b5f469.img_20170131_wa0023

Pemkab Kukar Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja 2016

SURABAYA –Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menganugerahkan penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) willayah regional II tahun 2016. Daerah yang termasuk dalam penilaian di wilayah regional II meliputi seluruh pemerintah kabupaten/kota se-Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, dan Jawa Timur. Tujuan evaluasi ini untuk menilai tingkat akuntabilitas atau pertanggung jawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintah yang berorientasi kepada hasil (result oriented government) serta memberikan saran perbaikan yang diperlukan.
Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pemerintah Kukar memperoleh nilai 66,10 atau predikat B hasil penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektifitas dan efisien penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan pencapaian kinerjanya. Hal ini disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintah yang berorientasi pada hasil di Pemkab Kukar sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut.
Menteri PANRB RI, Asman Abnur memberikan apresiasi atas upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi yang dilakukan oleh kabupaten / kota khususnya wilayah II. Dikatakan oleh Menpan RB, terdapat beberapa unit kerja yang telah menerapkan e-budgeting di lingkungan pemerintahan. E-budgeting merupakan program penganggaran kegiatan berbasis elektronik yang merupakan sebuah langkah signifikan dalam upaya mencegah program/kegiatan “siluman” dan mencegah penyimpangan penggunaan anggaran pemerintah.
Dikatakan oleh Asman Abnur, “Untuk seluruh pemerintah kabupaten/kota yang hari ini menerima hasil rapor akuntabilitasnya, saya mengharapkan para Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah agar lebih serius lagi untuk memberikan fokus dan komitmen bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil. Wujudkan predikat yang baik agar rakyat merasakan betul hasil kinerja pemerintah dalam kehidupannya.”  Bupati Kutai Kartanegara, hadir di acara yang berlangsung di kantor Gubernur Jawa Timur yang berkedudukan di kota Surabaya. Dalam kesempatan itu Bupati Rita Widyasari menyatakan perasaan gembira dan bangga atas pencapaian ini. Diharapkan di masa depan Kabupaten Kukar dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi sehingga dapat meraih angka yang lebih tinggi. Untuk itu Bupati mengajak kepada seluruh stakeholders untuk bekerjasama dalam meningkatkan prestasi ini.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *